Kecamatan GBA dan Dusel Awali Kegiatan Musdes Tahun 2023

10 Februari 2023 Admin 478
Kabupaten Cetak

Buntok - Musyawarah Desa (Musdes) dalam rangka Fasilitasi dan Sinkronisasi Program Kerja Desa dan Kecamatan Kabupaten Barito Selatan (Barsel) Tahun 2023 mulai digelar. Kegiatan dimulai dari Desa Wayun Kec. Gunung Bintang Awai (GBA) bertempat di objek wisata Situ Ulin Gagumet dilanjutkan ke Desa Telang Andrau Kec. Dusun Selatan (Dusel) bertempat di Kantor Desa Telang Andrau, Selasa (7/2/2023).


MMCBarsel - Buntok - Musyawarah Desa (Musdes) dalam rangka Fasilitasi dan Sinkronisasi Program Kerja Desa dan Kecamatan Kabupaten Barito Selatan (Barsel) Tahun 2023 mulai digelar. Kegiatan dimulai dari Desa Wayun Kec. Gunung Bintang Awai (GBA) bertempat di objek wisata Situ Ulin Gagumet dilanjutkan ke Desa Telang Andrau Kec. Dusun Selatan (Dusel) bertempat di Kantor Desa Telang Andrau, Selasa (7/2/2023).

Sekretaris Daerah Kabupaten Barsel Edy Purwanto saat membacakan sambutan Penjabat (Pj) Bupati Barsel Lisda Arriyana menyampaikan, berdasarkan Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah sebagaimana telah diubah beberapa kali  terakhir dengan Undang-Undang Nomor 9 Tahun 2015 tentang Perubahan Kedua Atas Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah salah satunya mengamanatkan perencanaan pembangunan dari bawah secara partisipatif yang mengandung makna bahwa pelaksanaan Musyawarah Perencanaan Pembangunan Tingkat Desa yang kita laksanakan pada saat ini selain diikuti oleh berbagai unsur masyarakat desa juga merupakan sarana atau kesempatan belajar bagi masyarakat desa selaku peserta musyawarah sebagai bagian aktif dari tata pemerintahan dan pembangunan.

Edy menjelaskan, musyawarah perencanaan pembangunan tingkat desa juga bermakna musyawarah perencanaan pembangunan yang mampu menghasilkan kesepakatan dan kesepahaman terkait program kegiatan strategis desa bagi kepentingan dan kemajuan bersama. Hal ini tercermin melalui kegiatan dialog antara Pemerintah Desa dengan berbagai pemangku kepentingan untuk mendiskusikan dan menyepakati program-program pembangunan Tingkat Desa untuk disusulkan pelaksanaan beserta pendanaannya pada forum Musyawarah Perencanaan Pembangunan Kecamatan nantinya dalam bentuk  Daftar Usulan Rencana Kerja Pemerintah (DU RKP).

“Selamat bermusyawarah dan berdiskusi, semoga hasil dari kegiatan ini sesuai dengan harapan kita bersama untuk memajukan daerah Barsel yang Dahani Dahanai Tuntung Tulus, maju dan mandiri sehingga terciptanya kehidupan masyarakat sejahtera,” tandas Edy.

Pada kesempatan ini juga dilaksanakan penyerahan bantuan sosial secara simbolis kepada masyarakat desa wayun dan desa telang andrau.

Turut hadir perwakilan DPRD Barsel, Ketua TP-PKK Barsel, Kepala Perangkat Daerah setempat, unsur Tripika, Kepala Desa se-kecamatan GBA dan Dusel, tokoh adat, tokoh masyarakat, tokoh agama. (//Diskominfobarsel//Hw//Dym//Din)/Edt:Ay



Bagikan Artikel

Berita Terbaru

Statistik Visitor

© 2024 MMC Barsel. Hak cipta dilindungi. Dipersembahkan oleh Diskominfo Barsel