Judul Berita

Infrastruktur Masih Jadi Prioritas Usulan Musdes Tahun 2023

10 Februari 2023 Bahdien 344
Kabupaten Cetak

Buntok - Rangkaian kegiatan Musyawarah Desa (Musdes) yang dilaksanakan secara maraton dalam rangka Fasilitasi dan Sinkronisasi Program Kerja Desa dan Kecamatan Kabupaten Barito Selatan (Barsel) Tahun 2023 hari ini berakhir di Desa Rangga Ilung Kecamatan Jenamas bertempat di gedung Sekolah Menengah Atas (SMA) Bina Ilmu dan dilanjutkan ke Desa Mangkatir Kecamatan Dusun Hilir Sekolah Dasar Negeri (SDN) Mangkatir, Kamis (9/2/2023).


MMCBarsel - Buntok - Rangkaian kegiatan Musyawarah Desa (Musdes) yang dilaksanakan secara maraton dalam rangka Fasilitasi dan Sinkronisasi Program Kerja Desa dan Kecamatan Kabupaten Barito Selatan (Barsel) Tahun 2023 hari ini berakhir di Desa Rangga Ilung Kecamatan Jenamas bertempat di gedung Sekolah Menengah Atas (SMA) Bina Ilmu dan dilanjutkan ke Desa Mangkatir Kecamatan Dusun Hilir Sekolah Dasar Negeri (SDN) Mangkatir, Kamis (9/2/2023).

Sekretaris Daerah (Sekda) Barsel Edy Purwanto saat membacakan sambutan Penjabat (Pj) Bupati Barsel Lisda Arriyana mengatakan, bahwa perencanaan pembangunan dari bawah secara partisipatif yang dilaksanakan saat Musyawarah Perencanaan Pembangunan Tingkat Desa kali ini tidak lain adalah  agar usulan yang disampaikan memang merupakan prioritas desa dan strategis sehingga perlu mendapatkan perhatian yang lebih dari semua stake holder sehingga secara berjenjang dapat terealisasi.

Ia menjelaskan, dari Musyawarah Perencanaan Pembangunan Tingkat Desa diharapkan mampu menghasilkan kesepakatan dan kesepahaman terkait program kegiatan strategis desa bagi kepentingan dan kemajuan bersama. Hal tersebut sama halnya dengan yang telah saya sampaikan dibeberapa desa bahwa kegiatan dialog antara Pemerintah Desa dengan berbagai pemangku kepentingan untuk mendiskusikan dan menyepakati program-program pembangunan Tingkat Desa untuk diusulkan pelaksanaan beserta pendanaannya pada forum Musyawarah Perencanaan Pembangunan Kecamatan nantinya dalam bentuk  Daftar Usulan Rencana Kerja Pemerintah (DU RKP).

“Saya ucapkan selamat bermusyawarah dan berdiskusi, semoga apa yang dihasilkan sesuai dengan harapan kita bersama untuk memajukan Daerah Barsel sehingga terciptanya kehidupan masyarakat sejahtera,” kata Edy.

Dalam kesempatan tersebut Edy Purwanto menyerahkan bantuan sosial secara simbolis kepada masyarakat desa Ranga Ilung dan desa Magkatir didampingi Kepala Dinas Sosial PMD Selvi Riyatmi.

Sementara itu, Kepala Desa Ranggga Ilung Jainal menyampaikan, ada enam usulan prioritas desa nya diantaranya pembuatan jalan tembus Desa Rangga Ilung menuju desa Mahajandau kec. Dusun Hilir sepanjang lima kilo meter, Penimbunan Alkah Kuburan Muslimin, Pembangungan Jalan atau Gang menuju Sekolah Menengah Pertama Negeri 2 Jenamas, Penimbunan Lapangan SMA Bina Ilmu serta Pembangunan Lahan Parkir Pasar. "Saya berharap usulan prioritas desa kami ini bisa tereasisasi," harap Jainal.

Pada kesempatan yang sama, Kepala Desa Mangkatir Abdulah menyampaikan tiga usulan prioritas yaitu lanjutan Pembangunan Masjid Desa Mangkatir, peningkatan dan pengerasan jalan Desa Mangkatir menuju Desa Lehai sepanjang 3,2 kilo meter serta pembangunan Kantor desa dan Kantor BPD. "Untuk pembangunan kantor Desa dan Kantor BPD ini diusulkan menjadi salah satu usulan prioritas mengingat untuk kantor Desa dan Kantor BPD kami masih pinjam bangunan posyandu, besar harapan kami usulan ini bisa dikabulkan," ungkap Abdulah.

Turut hadir Kepala Perangkat Daerah, Camat Jenamas dan Camat Dusun Hilir serta unsur Tripika, Kepala Desa se-kecamatan Jenamas dan Dusun Hilir, tokoh adat, tokoh masyarakat, tokoh agama.

(pubdok//Diskominfobarsel//R1//RFS//Din//)/Edt:Ay



Hubungi Kami

+62 123 4567 890

Tautan Cepat

Tautan Populer

© 2023 MMC Barsel. Hak cipta dilindungi. Dipersembahkan oleh Diskominfo Barsel