Rakerda 2023, Pj. Bupati Barsel Serahkan Bantuan Hibah Rumah Ibadah dan Kemasyarakatan di 6 Kecamatan

09 Maret 2023 Admin 321
Kabupaten Cetak

Buntok - Pemerintah Kabupaten Barito Selatan (Pemkab Barsel) menggelar Rapat Kerja Daerah (Rakerda) Tahun 2023, bertempat di Gedung Pertemuan Umum Jaro Pirarahan, Kamis (9/3/2023). Rakerda dibuka langsung oleh Pj. Bupati Barsel Lisda Arriyana.


MMCBarsel – Buntok - Pemerintah Kabupaten Barito Selatan (Pemkab Barsel) menggelar Rapat Kerja Daerah (Rakerda) Tahun 2023, bertempat di Gedung Pertemuan Umum Jaro Pirarahan, Kamis (9/3/2023). Rakerda dibuka langsung oleh Pj. Bupati Barsel Lisda Arriyana.

Sekretaris Daerah Kab. Barsel Edy Purwanto selaku Ketua Pelaksana dalam laporannya menyampaikan, pelaksanaan kegiatan tersebut berdasarkan keputusan Bupati Barsel No. 188.45/104/2023 tanggal 1 maret 2023 tentang pembentukan panitia pelaksana Rakerda Barsel tahun 2023. Adapun maksud dan tujuannya yaitu untuk menyatukan persepsi dan gerak langkah aparatur Pemerintah Daerah sehingga penyelenggaraan program dan kegiatan di setiap Perangkat Daerah dapat terlaksanakan dengan maksimal. "Antara lain juga untuk membangun dan meningkatkan koordinasi komunikasi yang efektif antar Perangkat Daerah maupun Camat, Lurah, serta Kepala Desa," tutur Edy.

Sementara itu, Lisda Arriyana dalam sambutannya mengatakan dalam rangka mengoptimalkan tugas pokok dan fungsinya masing-masing, ada beberapa hal yang menjadi perhatian bagi semua. Diantaranya, memastikan terlaksananya sinergitas internal dan antar Perangkat Daerah juga terhadap serapan anggaran dalam mendukung pencapaian program kerja pembangunan daerah.

“Selain itu tingkatkan disiplin kerja serta koordinasi dan ciptakan lingkungan kerja yang rapi dan bersih dalam menujang produktivitas kerja, tingkatkan peran dan fungsi Pengawasan Internal Pemerintah (APIP) dalam mencegah terjadinya kesalahan dan penyalahgunaan wewenang, komitmen bersama untuk menurunkan stunting dengan memanfaatkan olahan makanan lokal, pemeriksaan ibu hamil, gerakan ke posyandu dan mencegah pernikahan dini dikalangan remaja, serta percepatan realisasi DD dan ADD tahun 2023, ciptakan kondisi tertib aman dan tentram di Kab. Barsel dalam mendukung pemilu dan pilkada serentak tahun 2024,” terang Lisda. 


Pada kesempatan ini pula, Lisda menyerahkan secara simbolis bantuan hibah rumah ibadah dan kemasyarakatan di enam Kecamatan yang diterima langsung oleh beberapa perwakilan. Pada tahun 2023 ini telah dianggarkan bantuan secara keseluruhan berjumlah Rp. 15.340.000.000,- (lima belas miliar tiga ratus empat puluh juta rupiah) dengan 332 penerima hibah ada kenaikan sebesar 146,8 % dari tahun 2022 sebesar Rp. 6.215.560.000,- ( enam miliar dua ratus lima belas juta lima ratus enam puluh ribu rupiah).

“Secara khusus saya berharap dengan disalurkannya bantuan dari Pemkab Barsel dapat dimanfaatkan semaksimal mungkin bagi kepetingan umat dan masyarakat, kita menyadari bersama bahwa bantuan-bantuan yang disalurkan ini jauh dari yang diharapkan namun demikian kita berupaya setiap tahunya akan menganggarkan dan akan memberikan sesuai dengan prioritas dan kebutuhan dari masyarakat kita,’’ tandas Lisda.

Rakerda ini menghasilkan beberapa rumusan yaitu mengenai informasi perencanaan pembangunan daerah, keamanan ketentraman dan ketertiban masyarakat, pemerintahan desa, serta bidang pengawasan.

Turut hadir unsur Forkopimda, Kepala Instansi Vertikal terkait, Kepala Perangkat Daerah Kab. Barsel, serta para undangan lainnya.

(Diskominfobarsel//Hw//Dym). Edt:Ay

Bagikan Artikel

Postingan Terbaru

Berita Terbaru

Statistik Visitor

© 2024 MMC Barsel. Hak cipta dilindungi. Dipersembahkan oleh Diskominfo Barsel